100 Facts Weather- Hurricanes, Tornadoes, Blizzards, Educational Projects, Fun Activities, Q

100 Facts Weather- Hurricanes, Tornadoes, Blizzards, Educational Projects, Fun Activities, Q

B. Indonesia Analisislah unsur fisik dan batin puisi yang berjudul Sajak Buat Negara disertai bukti kutipan/ penjelasannya.​

Analisislah unsur fisik dan batin puisi yang berjudul Sajak Buat Negara disertai bukti kutipan/ penjelasannya.​

Puisi adalah sebuah bentuk karya sastra yang mengandung rima dan irama, penyusunan bait dan barisnya menggunakan pemilihan kata yang indah dan cermat. Terdapat dua unsur penting di dalam sebuah puisi, yaitu unsur fisik dan unsur batin. Unsur fisik puisi terdiri dari tipografi, diksi, gaya bahasa, citraan, rima, larik dan bait. Sedangkan unsur batin puisi terdiri dari tema, nada, rasa dan amanat.

Pembahasan

Analisis unsur fisik dan batin puisi "Sajak Bagi Negaraku" karya Kriapur.

Unsur Fisik :

  1. Tipografi : Puisi karya Kriapur tersebut terdiri atas 3 bait. Setiap baitnya banyak menggunakan sajak "a a" sebagaimana terlihat dalam bait pertama seluruh baris berakhiran vokal "a."
  2. Diksi : Kriapur dalam puisinya yang berjudul "Sajak Bagi Negaraku" tersebut menggunakan pilihan kata atau diksi yang lugas dan tegas. Diksinya tersebut memberikan penekanan pada setiap katanya, sehingga berhasil membuat semua yang diucapkan dalam puisi seolah akan sungguh terjadi.
  3. Imaji (citraan) : Imaji visual atau penglihatan ertuang dalam kalimat "semua terhampar biru di bawah langitnya." Pembaca diajak seolah menyaksikan hamparan pemandangan di bawah langit negerinya. Imaji auditif atau pendengaran juga tertuang dalam kalimat "semua akan menangis." Penulis seolah mengajak pembaca untuk berada dalam suasana suram dengan telinganya yang lenuh suara tangisan.
  4. Majas (gaya bahasa) : Majas yang digunakan dalam puisi tersebut adalah majas personifikasi. Majas personifikasi ditunjukkan dalam kalimat "siang akan meledak dengan mataharinya," yang membuat siang dan matahari sebagai benda mati seolah-olah hidup.

Unsur Batin :

  1. Tema : Puisi tersebut bertemakan "cinta tanah air."
  2. Rasa : Rasa yang diciptakan oleh penulis dalam puisi tersebut adalah kekhawatiran dan kewaspadaan. Penulis menuangkan kekhawatiran terhadap bumi negaranya yang berharga dan mungkin sedang terancam teraebut.
  3. Amanat : Amanat yang dapat dipetik dari puisi tersebut adalah pesan untuk menjaga negara kita tercinta, bumi yang sangat berharga untuk kehidupan kita. Jangan biarkan negerimu rusak atas perbuatanmu sendiri atau bahkan ulah orang lain, jagalah negaramu sebaik yang kamu bisa.

Pelajari lebih lanjut :

Pelajari lebih lanjut mengenai unsur-unsur puisi pada link https://brainly.co.id/tugas/162577?referrer=searchResults

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

[answer.2.content]